Recent Posts

Cari disini

free counters

Senin, 08 Oktober 2012

Jepang Akan Sensor Call of Duty: Black Ops II




Perbedaan nilai-nilai mana yang dianggap pantas dan tidak antara satu negara dengan negara lainnya memang melahirkan sebuah interaksi sosial yang unik, termasuk dalam pertukaran beragam produk kreatif sekalipun. Salah satunya? Tentu saja beragam video game yang ada. Dua negara yang memiliki hubungan unik ini adalah Jepang dan Amerika Serikat. Tidak jarang masing-masing negara ini akan melakukan sensor untuk konten yang diciptakan oleh negara lainnya, dengan tujuan untuk membuatnya lebih dapat diterima oleh publik dalam negeri. Seperti yang terjadi dengan seri game FPS teranyar Activision – Call of Duty: Black Ops II.
Saling sensor dan memodifikasi konten memang bukan lagi hal baru yang terjadi di industri game. Sudah tidak terhitung berapa kali Amerika Serikat mengubah konten game Jepang untuk memastikan cleavage karakter wanita yang terlalu eksesif. Sementara di sisi lain, Jepang “memperhalus” game Amerika yang dirasakan terlalu kejam dan brutal, Hal inilah yang terjadi pada salah satu game yang paling diantisipasi tahun ini – COD: Black Ops II. Sang publisher yang bertanggung jawab untuk pasar Jepang - Square Enix menyampaikan bahwa seri terbaru ini juga akan mengalami sensor seperti seri-seri COD sebelumnya. Berbeda dengan versi di region lain, Black Ops II versi Jepang akan tampil lebih “halus”, dengan hilangnya opsi untuk menghancurkan dan meledakkan bagian tubuh musuh Anda. Tidak akan ada lengan ataupun kepala yang pecah dan hancur berantakan di versi ini.


Perang tanpa kesempatan untuk melululantakkan tubuh dan kepala musuh? Akankah tetap seru?
Square Enix meyakinkan bahwa mereka tidak akan memodifikasi hal lain selain konten yang satu ini. Bagaimana dengan mode zombie yang akan menjadi kekuatan utama COD: Black Ops II? Apakah Anda juga akan membunuh mereka dengan cara “sopan”? Untungnya, sensor ini tidak berlaku untuk mode zombie yang ada. Gamer Jepang masih memiliki kebebasan untuk melepaskan stress mereka dengan meledakkan mayat-mayat hidup ini hingga berkeping-keping.
Jika Anda termasuk gamer yang mencintai brutalitas dan kekejaman dalam perang skala masif, pastikan Anda tidak memilih COD: Black Ops 2 versi Jepang ini. Perang tanpa kesempatan menghancurkan musuh hingga berkeping-keping? No, thank you..

0 komentar:

Posting Komentar