Recent Posts

Cari disini

free counters

Sabtu, 06 Oktober 2012

Pengaruh Pembajakan Terhadap Penjualan DVD Anime


“Pembajakan dapat merusak industri media”, seperti itulah kira-kira pemikiran yang sudah terpatri di benak kita. Berbeda dengan pemikiran tersebut, sebuah penelitian di Jepang menunjukkan bahwa pembajakan justru meningkatkan penjualan DVD anime. Penelitian yang dilakukan oleh Japanese Research Institute of Economy, Trade and Industry—tim analis bergengsi yang bekerja bagi pemerintahan Jepang—dimaksudkan untuk melihat pengaruh situs YouTube dan program peer-to-peer (P2P) Jepang, Winny, terhadap angka penyewaan dan penjualan DVD anime.
Hasil dari penelitian ini menerangkan bahwa tidak ada pengaruh negatif yang disebabkan oleh YouTube terhadap penyewaan DVD dan bahkan membantu meningkatkan penjualannya. Sedangkan, program Winny berpengaruh negatif pada penyewaan DVD, namun tidak mempengaruhi penjualan DVD.


Pengaruh YouTube terhadap peningkatan penjualan DVD anime terlihat setelah penayangan anime di televisi telah selesai. Hal ini menunjukkan bahwa banyak orang yang mengenal tayangan tersebut dari YouTube dan baru setelahnya membeli DVD anime yang bersangkutan. Dengan kata lain, YouTube telah menjadi sarana promosi penjualan DVD anime.
Pengaruh mutlak dari pembajakan terhadap pangsa pasar belum jelas. Memang secara garis besar pembajakan dapat merugikan industri media secara finansial, tetapi para peneliti tersebut mengatakan bahwa pembajakan justru membantu mempromosikan seni dan ilmu pengetahuan—yang dalam hal ini berhubungan dengan anime, salah satu budaya Jepang yang paling terkenal dunia.

0 komentar:

Posting Komentar